Apa Itu OrangeHRM ?
Apa itu OrangeHRM? Mungkin bagi orang awam kata HRM kedengarannya sangat
asing, tapi jika anda bekerja kantoran yang mempunyai HRD ya itulah
HRM HRM
merupakan kependekan dari Human Resource Management, OrangeHRM adalah
generasi terbaru sistem pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) berbasis
web.
OrangeHRM akan membantu kita dalam mengelola aset terpenting perusahaan,
yaitu Sumber Daya Manusia. OrangeHRM sangatlah praktis digunakan dalam
bisnis sebagai sebuah platform yang sempurna untuk melakukan
re-engineering proses pengelolaan SDM dan mendefinisikan ulang alur
kerja operasional para profesional SDM sebagai landasan baru pengelolaan
SDM yang maju.
OrangeHRM dibuat berdasarkan arsitektur modular yang terdiri dari modul-modul berikut:
Modul Admin
Modul Admin adalah salah satu bagian dari sistem dimana seorang HR
Manajer atau personil yang ditunjuk menjalankan semua tugas administrasi
sistem. Ini meliputi pendefinisian stuktur perusahaan (company
structure), golongan gaji (pay grade), proyek (projects) yang dijalankan
dan informasi lain yang melayani sebagai tulang punggung dari seluruh
sistem. Isu keamanan sistem diatur juga melalui modul ini dalam bentuk
penetapan otorisasi pengguna (user).
Modul PIM
Modul inti ini mengelola semua informasi terkait karyawan yang relevan
termasuk di dalamnya berbagai jenis informasi pribadi (personal
information), rincian kualifikasi (detailed qualification) dan
pengalaman kerja (work experience), informasi yang terkait dengan
pekerjaan dan lain sebagainya. Foto karyawan juga dapat dimasukkan ke
sistem dengan baik. Informasi yang ditampung dalam modul ini
dimanfaatkan oleh modul-modul lainnya, sehinga mengurangi data yang
mubazir dan saling tumpang tindih.
Modul ESS (Employee Self Service)
ESS adalah alat bantu yang ampuh untuk memberikan kemudahan bagi
karyawan perusahaan guna melihat informasi yang relevan, seperti
informasi pribadi, memperbarui data pribadi via web, mendaftar cuti
(applying for leave) dan mengedit jadwal kerja pribadi tanpa merepotkan
staf HR.
Fungsionalitas modul ini terentang di seluruh sistem, menjadikan
informasi tersedia setiap saat dimana pun. Tentu saja semua informasi
ini tergantung pada kebijakan keamanan informasi perusahaan, dimana
setiap orang hanya dapat melihat informasi sejauh batas hak dan otoritas
yang ia miliki. Solusi fungsionalitas ini sangatlah menghemat waktu dan
biaya.
Modul Cuti (Leave Module)
Sebuah modul pengelolaan cuti (leave) yang komprehensif dengan
kemungkinan yang luas untuk mendefinisikan berbagai jenis cuti (leave
types), libur perusahaan (company holidays) dan lain-lain. Modul ini
menyediakan semua proses pengajuan cuti dan proses persetujuannya.
Selain itu, modul ini dapat menampilkan informasi tentang hak cuti, sisa
cuti, riwayat cuti dan lain sebagainya. Konsep berbasis web dan
pelayanan mandiri (self-service) ini menyederhanakan berbagai prosedur
cuti yang saling berhubungan, mengurangi pekerjaan administratif,
menghemat kertas dan biaya.
Modul Waktu Kerja (Time Module)
Modul ini mengotomatisasi proses yang terkait dengan penelusuran waktu
(kerja). Modul ini membantu mencapai efisiensi dalam mengelola data
tenaga kerja dan meningkatkan pengelolaan angkatan kerja. Modul waktu
kerja memberikan kemudahan bagi karyawan untuk mendefinisikan dan
mengisi jadwal kerja mereka sendiri yang dapat diterima/ditolak dan
dimodifikasi oleh atasan mereka. Modul ini memiliki fungsionalitas untuk
menelusur kehadiran karyawan, dimana karyawan dapat memasukkan waktu
hadir kerja (punch in) dan waktu pulang kerja (punch out). Melalui modul
waktu kerja ini karyawan dapat jam kegiatan (time events) yang terkait
dengan proyek tertentu, dimana mereka bekerja dan administrator proyek
dapat mengelola proyek dengan mudah melalui fungsionalitas yang
ditawarkan melalui item laporan proyek.
Modul Laporan (Report Module)
Fitur ini menghasilkan beragam report yang dapat dirias sesuai dengan
kebutuhan anda. Setiap nomor laporan dapat didefinisikan dengan memilih
dari rentang sebuah kriteria pencarian dan field laporan. Definisi
laporan dapat disimpan untuk menghindari pengerjaan yang berulang.
Sekali sebuah laporan telah didefisinikan dan disimpan, tampilan laporan
dapat dibuat dengan memasukkan kriteria data yang diminta.
Modul Pelacak BUG (Bug Tracking Module)
Pada setiap kesalahan atau ketidaksempurnaan sistem (bug) terjadi kala
menggunakan sistem ini, bug tersebut dapat segera dilaporkan secara
online dengan menggunakan modul Bug Tracker sehingga developer
memperoleh masukan untuk memperbaikinya.
Modul Rekrutmen (Recruitment Module)
Modul ini memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk memasang iklan
lowongan kerja secara on-line di web dengan menggunakan fitur yang ada
dalam sistem ini. Pemasang iklan dapat melakukan posting iklan dengan
mudah, melacak progres pemrosesan pelamar hingga proses wawancara sampai
proses penerimaannya. Sementara itu, pencari kerja dapat melakukan
posting lamaran kerja mereka dalam format standar dan sederhana.
Pemberitahuan kepada pencari kerja dapat diinformasikan dengan mudah
melalui email.
OrangeHRM adalah aplikasi open source berbasis web. Oleh sebab itu untuk menjalankan orangeHRM dibutuhkan paket
* Apache HTTP Server 1.3 atau terbaru
* MySQL 5.0 atau terbaru
* PHP 5.1.0 atau terbaru
OrangeHRM dapat dijalankan pada sistem operasi Windows maupun Linux. Anda dapat mengunduh file tersebut di:
Tutorial OrangeHRM bisa di unduh di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar